Tips Diet Aman & Sehat Menurut Pakar Gizi Ugm, Ini Yg Wajib Diperhatikan

Ahi gizi UGM memberikan sejumlah saran tentang diet yg sehat & aman.

SuaraJogja.id – Dalam upaya menurunkan berat badan, masih ada majemuk jenis diet yg sanggup dilakukan, diantaranya diet rendah karbohidrat, intermitten fasting, diet vegan, hingga diet ketogenik. Menurut pakar gizi dari UGM, Rahadyana Muslichah, terdapat beberapa hal yg wajibdiperhatikan ketika diet.

Salah satu yang perlu diperhatikan merupakan kondisi tubuh. Selain itu, pelaku diet memerlukan pendampingan berdasarkan profesional misalnya pakar gizi. Diet yang berhasil dilakukan pada satu individu nir lantas mampu diterapkan pada individu lainnya karena masing-masing individu mempunyai kebutuhan harian yang tidak sinkron.

“Diet buat menurunkan berat badan nir boleh asal-asalan seperti mengikuti cara yang berhasil dipakai orang lain. Jadi nir sanggup meniru program diet yg terkenal dilakukan lantaran acara diet sebisa mungkin personalized dengan mempertimbangkan kondisi klien,” paparnya, Selasa (11/1).

Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini menyebutkan acara diet direkomendasikan dibentuk khusus buat individu itu sendiri menggunakan permanen memperhatikan pedoman gizi seimbang. Selain itu, juga program yg disusun aman dilakukan atau nir hingga mengganggu fungsi tubuh serta permanen bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

Baca Juga:Tips Ahli Gizi Mengatur Pola Makan Sehat Saat Libur Nataru

“Kondisi setiap orang itu bhineka, terdapat kondisi kesehatan yg menyertai pada setiap orang. Bisa jadi misal diet A itu cocok buat seorang, tetapi nir cocok atau tidak kondusif untuk tubuh orang lain,” terangnya.

Oleh sebab itu, beliau merekomendasikan pada penentuan acara diet dilakukan melalui konsultasi menggunakan profesional. Ia menuturkan bila diet bukan hanya sekedar menurunkan berat badan sampai posisi ideal. Namun, diet juga wajibmemperhatikan komposisi tubuh seperti persentase lemak maupun otot. Karenanya melalui konsultasi ke profesional acara diet akan disusun sesudah melalui rangkaian asesmen secara komprehensif. Beberapa diantaranya seperti mencari akar duduk perkara penyebab berat badan berlebih menurut pola/norma makan & pola kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA  Cara Diet Yg Kondusif Buat Turunkan Berat Badan, Tanpa Bahayakan Kesehatan

Dari output asesmen yg dilakukan, nantinya profesional akan membantu dalam menyusun program diet yg sinkron menggunakan syarat tubuh. Menu diet yg disusun pun diadaptasi menggunakan kemampuan individu. Misal anggaran terbatas maka akan diberikan model bahan makan yang terjangkau. Sementara program yg disusun bersifat jangka panjang misalnya memperbaiki pola makan untuk mengurangi asupan energi secara bertahap.

“Penurunan berat badan yg sehat itu yang nir drastis atau instan. Penurunan berat badan yang sehat merupakan 0,5-1 Kg per minggu,” ungkapnya.

Rahadyana Muslichah menekankan bahwa acara diet terbaik yg sanggup dijalankan secara konsisten. Beberapa cara yg bisa dilakukan buat menurunkan berat badan menggunakan mengombinasikan diet dan olahraga.

Baca Juga:lima Cara Memasak Sayuran Non Tepung, Diet Rendah Karbohidrat Dijamin Sukses!

Untuk diet dilakukan dengan menerapkan pengurangan asupan kalori sesudah menghitung kebutuhan harian tubuh. Lalu, mengatur porsi makan mengikuti pedoman gizi seimbang.