Mekanisme Mendapatkan Nomor Pendaftaran Badan Usaha

Nomor registrasi perusahaan ialah nomor unik untuk tiap usaha yang didaftarkan dengan cara sah di Indonesia. Dikenal juga sebagai nomor induk usaha (NIB), nomor ini Anda perlukan untuk mendaftar nomor dasar harus pajak (NPWP) perusahaan, sampaikan surat pernyataan tahunan (SPT) pajak, dan mengganti detil perusahaan.

Entahlah Anda mempunyai perusahaan lokal PT atau perusahaan asing PT PMA, tidak mempunyai NIB bisa berbuntut pada disolusi perusahaan bila pemerintahan mendapati lewat peninjauan atau laporan dari komune.

Disamping itu, mempunyai NIB memiliki arti usaha Anda dianggap dan diproteksi di bawah hukum Indonesia.

Anda bisa memakai tutorial Cekindo ini untuk mendapat nomor registrasi perusahaan.

Sebelum menlanjutkan kepada informasi selanjutnya mungkin ada baiknya anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan biro jasa pembuatan pt supaya anda bisa terhindar dari segala jenis penipuan dan mal adminstrasi yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Keuntungan Mempunyai Nomor Registrasi Perusahaan

Memperoleh NIB ialah persyaratan yang perlu dipatuhi perusahaan bila Anda ingin jalankan perusahaan dengan cara sah. Disamping itu, ada beberapa keuntungan dari memilik nomor unik ini:

Sponsor visa usaha untuk konsumen setia dan client

Program visa dan ijin untuk staff asing yang bekerja di perusahaan Anda

Keterlibatan dalam tender di Indonesia

 

Langkah Memperoleh Nomor Induk Usaha (NIB)

Demikian mempunyai gagasan usaha dan memilih untuk mengawali usaha di Indonesia, Anda perlu jalani rangkaian proses hukum untuk memperoleh NIB.

BACA JUGA  Rekomendasi 6 Jam Tangan Fossil Pria Modern 2021 Rol

 

1. Mendapat Akte Pendirian

Ada tiga hal khusus untuk Anda lihat di cara ini. Pertama, Anda harus pikirkan nama perusahaan.

Nama perusahaan harus terbagi dalam minimal 3 kata dan semua ucapnya harus berlainan. Syah saja bila mempunyai nama lain untuk merk dan produk.

Lalu, Anda harus lanjut dengan menyiapkan bujet dasar perusahaan dengan notaris tercatat.

Paling akhir, pengutaraan akte pendirian ialah harus. Semua pemegang saham perusahaan, terhitung Anda, harus tanda-tangani akte pendirian dan dilihat notaris.

 

2. Mendaftar Nomor Dasar Harus Pajak

Ajukan NPWP di Indonesia sebagai cara harus sesudah mendapat akte pendirian. Nomor pajak usaha dan surat domisili lalu akan dikirim ke alamat usaha Anda.

Tetapi, di bawah ketentuan baru yang mulainya berlaku Mei 2019, perusahaan baru di Jakarta tidak lagi perlu surat domisili.

 

3. Memperoleh Nomor Induk Usaha

Sesudah menuntaskan dua langkah pertama, Anda pada akhirnya sampai pada tahapan Anda harus ajukan nomor induk usaha.

Mekanisme Online Singgel Submission (OSS) mempermudah Anda mendapat nomor ini dan ijin yang lain diperlukan lebih efektif.

Ijin, lisensi dan document penting yang lain dapat Anda peroleh lewat OSS yakni ijin import, ijin usaha, nomor identitas kepabeanan dan registrasi BPJS.

 

Sesudah Memperoleh Nomor Registrasi Perusahaan

Sesudah mendapat NIB dan membangun usaha, Anda saat ini bisa menjalankan usaha dengan cara sah dan lakukan beberapa kegiatan usaha berkut:

1. Beli atau sewa property dan asset di bawah perusahaan. Yakinkan Anda sudah membaca Daftar Negatif Investasi

2.  Buka rekening bank perusahaan di Indonesia

3. Menyiapkan semuanya yang mendukung operasi usaha seperti recruitment, penataan dan perbaikan kantor dan yang lain bergantung bidang usaha

BACA JUGA  √ 34 Brand Jam Tangan Pria Terbaik/populer (branded)

4. Ajukan ijin kerja dan ijin tinggal untuk staff asing

Lalu langkah selanjutnya yang anda butuhkan anda bisa berkonsultasi dengan layanan biro jasa pembuatan pt yang sudah berpengalaman dalam mengurus segala perizinan yang anda butuhkan rekomendasi dari kami adalah biro jasa https://izinin.id