Makalah dan Tips Memilih Sekuritas Syariah

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang berperan aktif dalam jual beli saham di pasar modal. Sekuritas terbaik mempunyai lisensi khusus dalam menjalankan transaksi jual beli saham tersebut. Dalam makalah sekuritas syariah disebutkan bahwa fungsi perusahaan sekuritas yaitu untuk perantara antara pasar modal dan investor demi kemudahan.

Tips Memilih Sekuritas Syariah Terbaik

Bagi investor pemula tentunya memilih sekuritas yang baik kerap menjadi hal yang sulit dilakukan. Akan tetapi jangan khawatir, sebab ada beberapa tips jitu yang bisa diterapkan oleh pendatang baru. Adapun beberapa tips dalam memilih sekuritas yang baik tersebut yaitu :

1. Memilih Sekuritas yang Menawarkan Biaya Minim

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan bagi investor pemula yaitu membuka rekening saham pada perusahaan sekuritas yang dipilih. Rekening tersebut berfungsi untuk menyetorkan dana yang bisa dipakai dalam bertransaksi saham. Pastikan anda memilih sekuritas yang sudah berizin sekaligus diawasi oleh pihak OJK.

Disamping itu, anda juga perlu memilih sekuritas yang mempunyai deposit awal tidak terlalu tinggi. Pastikan anda juga mempertimbangkan biaya transaksi yang dibebankan pada anda. Karena masing-masing sekuritas menerapkan biaya transaksi berbeda untuk para nasabahnya. Dengan demikian, anda perlu mempertimbangkan sesuai modal yang tersedia.

2. Memilih Satu Maupun Dua Perusahaan

Bagi para pemula, ada baiknya anda membeli saham yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Anda bisa mencoba mencari saham di perusahaan yang menawarkan harga kurang dari seribu rupiah per lembarnya. Anda dapat memilih satu maupun dua perusahaan yang mempunyai prospek bagus dan menjanjikan ke depannya.

BACA JUGA  Herbal Asmavit Obat Aman untuk Penyakit Asma

3. Memilih Indeks Saham dengan Tepat

Sangat penting bagi seorang investor pemula untuk mengetahui tentang indeks saham. Hal ini karena ukuran statistik tersebut berisi pergerakan harga saham seluruhnya. Apabila harga indeks saham tersebut meningkat, maka saham yang berhubungan dengan indeks ikut bergerak naik. Hal ini juga berlaku untuk kondisi sebaliknya.

Demikian ulasan singkat dalam makalah sekuritas syariah tentang tips memilih sekuritas terbaik terutama bagi investor pemula. Untuk memulai investasi tidak harus dengan modal yang besar sekaligus. Anda bisa memanfaatkan modal kecil sekalipun untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dan berinvestasi kembali dengan modal besar.