8 Bagian Mobil Yang Dapat Didaur Ulang

 

Mobil tua yang sudah tidak terpakai umumnya dibiarkan terbengkalai begitu saja. Banyak orang yang tidak tahu atau bahkan tidak ingin ambil pusing memanfaatkan mobil tersebut sehingga membuangnya ke tempat mobil-mobil rongsokan. Padahal bagian-bagian mobil tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa bagian mobil yang dapat didaur ulang sehingga memiliki nilai yang berguna.

 

1. Ban Mobil

Ban bekas yang dibiarkan begitu saja dapat menjadi masalah lingkungan yang paling utama. Hal ini karena ban bekas tidak dapat diurai secara alami. Untuk itu diperlukan tindakan daur ulang untuk mengatasinya. Ban bekas bisa didaur ulang untuk digunakan sebagai campuran aspal. Hasilnya dapat memberi perlindungan ekstra bagi jalan hingga 2x lebih tahan sebelum terjadi keretakan jalan. Karet yang dihancurkan kemudian dicampurkan ke dalam beton dengan formulasi tertentu, efektif sebagai tabir surya bagi jalan yang membuat permukaan jalan mampu bertahan dua kali lebih lama dari aspal biasa.

 

2. Kaca Depan Mobil

Kaca mobil yang sudah retak masih bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai barang mozaik, batok kaca, hingga bahan dasar blok beton. Sementara itu plastik yang merupakan pinggiran dari kaca depan mobil yang sudah rusak tersebut bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan lem karpet.

 

3. Jok Mobil

Jok mobil yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan dengan membuat produk yang fungsional dan berkualitas seperti tas laptop, dompet kamera, pouch, hingga wadah botol minum. Pelapis jok mobil biasanya memiliki tekstur dan warna yang unik sehingga banyak juga yang mengubahnya menjadi tas wanita.

 

4. Aki Mobil

BACA JUGA  Kandungan Eye Cream Skintific yang Ternyata Sangat Baik untuk Mata

Bagian lain yang bisa didaur ulang adalah aki mobil atau baterai pada mobil. Bagian utama dari aki yang bisa didaur ulang adalah plastik dan timah yang terdapat dalam selnya. Plastik bisa langsung dilebur dan diolah kembali menjadi biji plastik pembuat aki. Sedangkan timah diproses melalui berbagai proses kimia sehingga jadi pasta timah murni. Bahkan di negara maju, bagi pemilik mobil yang memiliki aki tidak terpakai biasanya mengembalikannya ke dealer atau toko untuk didaur ulang menjadi aki yang baru.

 

5. Rangka Mobil

Rangka mobil didaur ulang dengan cara dihancurkan menjadi potongan kecil dan halus menggunakan alat Shredding Machine. Alat ini berupa penggiling yang menggunakan kinerja hidrolis untuk berputar dan saling silang sehingga paling efektif dalam mengolah rangka yang berukuran besar. Pada bagian akhir akan keluar potongan loga yang lebih halus sehingga memudahkan proses peleburan lebih lanjut.

 

6. Gagang Pintu

Gagang pintu yang terdapat pada mobil bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan besi batangan yang nantinya besi-besi batangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya seperti bahan bangunan atau lainnya.

 

7. Baut dan Mur

Seperti yang kita ketahui, baut dan mur menjadi komponen kecil yang penting dalam mobil. Jumlahnya yang cukup banyak menjadi perhatian untuk digunakan kembali. Baut dan mur pada mobil bisa dipoles ulang jika bentuknya masih utuh agar bisa digunakan kembali. Untuk yang telah mengalami kerusakan bisa dilakukan peleburan ulang menjadi baru.

 

8. Oli Mobil

Walaupun bukan termasuk ke dalam komponen dari sebuah mobil, namun oli bekas atau oli yang sudah kotor pada mobil bisa diolah kembali untuk keperluan yang lainnya seperti pelumas rantai motor, pelumas pagar rumah, serta bisa juga digunakan untuk pelumas gergaji.

BACA JUGA  Manfaat Bersepeda Pada Usia 30 Tahun Ke Atas

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap anda bisa mengunjungi workshop upcycling yang diadakan di hyundai motorstudio. Semoga bermanfaat