6 Rekomendasi Makanan Oleh-Oleh Khas Lembang

Kota Bandung khususnya Kecamatan Lembang memiliki berbagai macam makanan unik yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lembang. Beberapa makanan ini termasuk makanan tradisional maupun yang modern.

Lembang sangat dikenal dengan produksi susu sapi segarnya sehingga banyak olahan makanan dari daerah ini menggunakan susu sapi sebagai bahan dasarnya.

Meski begitu, masih terdapat olahan-olahan lain yang tak kalah menarik dan lezat yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh saat berwisata di Lembang.

Rekomendasi Makanan Oleh-Oleh Khas Lembang

Tidak afdol rasanya jika pergi ke suatu tempat tanpa membawakan orang tersayang oleh-oleh. Maka dari itu, berikut adalah rekomendasi makanan khas Lembang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Lembang:

1. Susu Murni

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lembang merupakan salah satu Kecamatan di Bandung yang terkenal dengan produksi susu sapinya. Oleh karena itu, saat berkunjung tentunya tidak boleh melewatkan untuk membeli susu sapi segar secara langsung.

Terdapat beberapa outlet yang menjual susu sapi segar ini beserta olahan berbahan dasar susu lainnya, seperti yogurt, kerupuk susu dan masih banyak lainnya. Produk ini cukup terkenal di antara para pengunjung sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

2. Tahu Susu

Selanjutnya adalah produk olahan susu yang tak biasa dan hanya bisa ditemukan di Lembang yaitu tahu susu. Olahan tahu dengan tambahan susu ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan sehingga menjadikan produk olahan susu yang satu ini menjadi incaran.

Pemberian susu pada tahu ini memberikan cita rasa yang baru, yaitu campuran gurih dari kedelai dan susu. Tidak hanya itu saja, tahu susu dinilai lebih lembut dan padat di bagian tengahnya sehingga akan lebih mengenyangkan.

BACA JUGA  4 Film Desember 2022 Terbaik

3. Peuyeum

Orang-orang dari daerah lain mengenal produk fermentasi singkong dengan tape. Akan tetapi, di Bandung olahan ini dikenal dengan nama peuyeum. Selain namanya, perbedaan dari kedua olahan ini terdapat pada kondisinya saat sudah siap dimakan.

Tape bertekstur lebih cair dan diletakkan dalam wadah saat dijual, sementara peuyeum lebih kering dan biasanya digantung di langit-langit toko saat dijual. Menariknya, pengunjung tidak perlu bersusah payang untuk mendapatkannya karena akan banyak penjual peuyeum di sepanjang jalan.

4. Bolu Susu Lembang

Oleh-oleh khas Lembang di Bandung yang masih berkaitan dengan susu adalah bolu susu. Bolu dari Lembang ini dikenal dengan kelembutan yang didapatkan dari penambahan susu sapi murni yang masih segar serta harganya yang terjangkau.

Tidak hanya itu saja, Bolu Susu Lembang ini juga memiliki berbagai varian rasa serta topping. Pengunjung dapat membeli olahan bolu ini di berbagai outlet yang tidak hanya berada di Kecamatan Lembang, tetapi juga di seluruh penjuru Kota Bandung.

5. Pisang Bolen

Saat berkunjung ke Bandung tentunya tidak boleh melewatkan pisang bolen. Olahan ini berbentuk lapisan kulit yang membungkus pisang dan hampir mirip dengan pisang molen. Meski begitu, keduanya merupakan dua makanan yang berbeda, khususnya di tahap pembuatan.

Kulit pisang bolen terbuat dari modifikasi pastry Belanda yang telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain itu, bentuk, isi dan topping dari pisang bolen lebih bervariasi jika dibandingkan dengan molen pisang.

6. Surabi

Makanan terakhir yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Lembang adalah surabi. Surabi merupakan salah satu olahan legendaris khas Bandung yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan santan.

BACA JUGA  Makalah dan Tips Memilih Sekuritas Syariah

Jajanan ini biasanya dijual secara berkeliling di kampung, tetapi juga ada di pusat perbelanjaan oleh-oleh. Tempat yang tepat untuk dituju apabila ingin mencari surabi adalah pasar tradisional karena makanan ini termasuk ke dalam makanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini.

7. Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang diciptakan untuk mengenalkan Bandung, terutama wilayah Lembang lewat cita rasa kuliner. Cita rasa dari olahan susu hingga menjadi bolu kukus bertekstur lembut dan lezat untuk dinikmati siapapun.

Selain rasa yang enak, BSL juga mempunyai keunggulan dibuat tanpa bahan pengawet. Jadi produk BSL dapat bertahan kurang lebih 3 hari pada suhu normal dan kurang lebih 7 hari penyimpanan dalam lemari pendingin.

Bolu Susu Lembang, bolu yang dibuat dengan bahan-bahan kualitas premium dan susu segar asli dari peternakan sapi perah di Lembang. Dengan proses dengan standar tinggi sehingga menghasilkan bolu dengan tekstur lembut yang tidak perlu dipertanyakan lagi dan rasanya pun berbeda dengan bolu lainnya.

Bolu dengan rasa gurih susu yang sangat terasa jika dibandingkan dengan bolu lainnya ini dibuat dalam tiga varia rasa original, cokelat, dan vanilla. Bolu ini cocok dijadikan sebagai camilan untuk minum teh maupun kopi dan bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh dari Lembang.

Kelebihan Bolu Susu Lembang

1. Rasanya pas di lidah, tidak terlalu manis sehingga nggak bikin eneg.

Biasanya kandungan susu dalam bolu membuat rasa bolu menjadi sangat manis atau malah bikin eneg. Bolu Susu Lembang tidak demikian. Manisnya pas, susunya pun tidak mendominasi rasa. Pas banget untuk saya yang tidak menyukai susu.

2. Tidak terlalu creamy meski ada toping krim dan keju parut sebagai toppingnya.

BACA JUGA  Rekomendasi Jasa Dekor Pernikahan Istana Wedding Organizer Pekanbaru

Ada krim dan keju parut di bagian atas bolu. Krim ini membuat cita rasa Bolu Susu Lembang menjadi berbeda dari bolu kukus pada umumnya.

3. Harganya terjangkau.

Dengan berat bersih 500 gram, harganya Rp 35.000,00 untuk original dan Rp 30.000,00 untuk varian surabiyaki.

4. Bolu Susu Lembang mudah didapat di banyak tempat di Kota Bandung.

Kalau tidak sempat singgah ke store atau island-island Bolu Susu Lembang, kita dapat membelinya secara online melalui websitenya di https://bolulembang.co.id

Membeli oleh-oleh khas Lembang tidak melulu untuk diberikan kepada orang-orang sekitar yang tidak ikut berkunjung, melainkan juga untuk dimanfaatkan sendiri. Hal ini dikarenakan tidak akan bisa menemukan makanan yang sama di daerah lain, meski ada rasanya pasti berbeda dengan aslinya.