Training Pelatihan dan Sertifikasi K3 Umum Kemnaker

Training pelatihan dan sertifikasi K3 umum merupakan program Kemnaker untuk mempersiapkan ahli K3 umum di perusahaan. Pelatihan ini nantinya akan membantu mengembangkan K3 di perusahaan tersebut.

Training Pelatihan dan Sertifikasi K3 Umum Kemnaker

Ahli K3 umum sendiri merupakan bentuk seleksi atau penilaian khusus bagi seseorang yang dulunya pernah mengikuti pelatihan petugas K3 untuk menjadi ahli K3 sebagaimana dimaksud dalam UU nomor 1 tahun 1970.

Untuk waktu pelaksanaan trainingnya sendiri adalah sekurangnya 120 jam pelajaran atau selama kurang lebih 12 hari efektif.

Sasaran Program Training K3 Umum

PT Mawi Sarana Samawi menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi K3 umum sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Kemnaker RI nomor SKP.052/DJPPKI/2012 mengenai Penunjukan sebagai perusahaan jasa Keselamatan dan Kesehatan kerja untuk jasa pembinaan K3 dibidang Sistem Manejemen K3 dan Keahlian K3 umum.

Setelah menyelesaikan program training ahli K3 umum ini, maka para peserta ahli K3 umum diharapkan mampu menguasai beberapa hal berikut ini:

·         Menjelaskan tugas, wewenang, dan tanggung jawab ahli K3.

·         Menjelaskan mengenai hak pekerja dalam bidang K3 umum.

·         Menjelaskan kepada pengusaha bahwa upaya K3 sangat menguntungkan perusahaan.

·         Menjelaskan tujuan dari sistem manajemen K3.

·         Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan.

·         Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahu faktor penyebabnya dan bisa membuat laporan kecelakaan kepada pihak terkait.

·         Mengenal P2K3 p, tanggung jawab dan wewenang organisasi

1.      Memiliki Sertifikasi K3 untuk Finansial

Ketika calon ahli K3 umum mengikuti program pelatihan K3 umum, maka calon pekerja tersebut akan dibekali dengan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja. Selain itu, calon pekerja ini juga akan mendapatkan sertifikat K3.

Perlu Anda ketahui, bahwa sertifikat K3 umum ini akan memberikan efek dan manfaat bagi bidang finansial. Profesi sebagai AK3U juga menjadi profesi yang cukup menjanjikan dengan standar gaji yang menarik.

2.      Bisa Menunjang Promosi Jabatan

Memang hampir setiap perusahaan membutuhkan seorang karyawan yang memiliki sertifikat K3. Hal ini mengacu pada landasan dibentuknya K3 umum. Untuk itu, sangat penting seorang karyawan memiliki sertifikat K3 umum.

Sertifikat K3 umum ini bermanfaat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan fungsi K3 dengan baik, sekaligus menunjang karir Anda pribadi.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan apabila mengikuti pelatihan K3 umum ini adalah bisa memahami situasi dari lingkungan kerja Anda dengan lebih baik, mengurangi angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja, meningkatkan citra positif bagi perusahaan, serta memberikan kepercayaan kepada mitra kerja perusahaan.

Jika saat ini Anda sedang mencari perusahaan penyedia jasa pelatihan dan sertifikasi K3 umum, maka bisa memilih PT Mawi Sarana Samawi. Mengapa harus PT Mawi Sarana Samawi? Sebab, perusahaan ini merupakan perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) resmi yang ditunjuk langsung oleh KEMNAKER RI dengan Surat Keterangan Penunjukan Nomor: KEP.375/BINWASK3-PNK3/V/2018.

 

Apabila Anda sedang mencari perusahaan penyedia jasa pelatihan dan sertifikasi K3 umum, maka bisa memilih PT Mawi Sarana Samawi. Sebab, PT Mawi Sarana Samawi ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelatihan K3 yang melayani pelatihan offline maupun online. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka Anda bisa menghubungi custumer service.

BACA JUGA  Mengenal Investasi Equity Crowdfunding,  Kentungan dan Tips Mengelolanya