Tanda-tanda lowongan pekerjaan yang curang

Masyarakat perlu disadarkan akan informasi lowongan pekerjaan yang tidak akurat dirilis oleh perusahaan swasta dan publik. Itu karena saat ini masih banyak orang yang menjadi korban penipuan pekerjaan.

Beberapa orang menggunakan teknologi modern untuk menyebarkan lowongan pekerjaan palsu atas nama perusahaan terkenal. Banyak orang yang mencari pekerjaan tertipu oleh lowongan pekerjaan palsu tersebut.

Cara terbaik untuk menghindari dari lowongan pekerjaan palsu adalah dengan menyadari pertandanya. Pelajari tanda-tanda lowongan pekerjaan palsu sehingga anda tidak akan tertipu lagi di masa depan.

Jenis lowongan pekerjaan palsu yang paling umum adalah untuk pekerjaan di bidang medis, posisi penjualan, dan posisi tingkat eksekutif. Ini adalah beberapa tanda iklan lowongan palsu yang harus Anda ingat saat mencari pekerjaan :

1. Sumber informasi yang tidak dapat diandalkan

Verifikasi bahwa situs web atau akun tempat Anda menerima lowongan pekerjaan dapat diandalkan. Saat mencari pekerjaan, jangan takut untuk melihat aplikasi lowongan kerja terpercaya terkemuka atau akun media sosial resmi perusahaan. Jika tidak ada informasi lowongan pekerjaan yang tercantum, maka kemungkinan besar Informasi pekerjaan itu salah.

2. Detail kontak yang tidak dapat diverifikasi

Berhati-hatilah terhadap lowongan untuk pekerjaan yang meminta informasi pribadi yang sensitif (alamat email, nomor telepon, dll.). Dalam banyak kasus, memberikan rincian tersebut akan mengakibatkan spam mail atau panggilan telepon yang tidak diinginkan.

3. Standar perekrutan yang tidak lagi relevan

Lowongan pekerjaan yang kedaluwarsa atau tidak lagi relevan dengan persyaratan perusahaan saat ini mungkin merupakan tanda bahwa pekerjaan itu palsu.

4. Pekerjaan yang tidak pantas atau menyinggung

Pastikan pekerjaan yang Anda lamar secara akurat mencerminkan keterampilan dan pengalaman Anda. Pekerjaan dengan nama yang menyinggung atau tidak pantas mungkin merupakan lowongan pekerjaan palsu.

BACA JUGA  Review 10+ Rekomendasi Merk Jam Tangan Laki-laki Terbaik (modern 2022) - Ceklist.id

5. Tagihan tak terduga yang harus dibayar

Terkadang, untuk melamar pekerjaan, Anda harus membayar biaya terlebih dahulu. Jangan memberikan uang kepada perusahaan sebelum Anda melihat pekerjaan itu.

6. Menerima tawaran pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk pindah

Banyak lowongan pekerjaan palsu mengharuskan pencari kerja untuk pindah ke lokasi perusahaan. Ini mungkin pertanda bahwa pekerjaan itu tidak nyata.

7. Situs Internet yang tidak terdengar profesional atau tidak masuk akal sama sekali

Cobalah untuk berhati-hati saat menggunakan sumber daya pencarian kerja online. Banyak lowongan pekerjaan palsu diposting di halaman yang terlihat mencurigakan atau dirancang dengan tidak profesional.