Berikut Beberapa Kasus Paling Menghebohkan di Dunia Sepak bola Indonesia, Simak!

Wasit Liga 2: Match Fixing Sudah Biasa di Sepak Bola Indonesia - Bola  Nusantara
source gambar : bolanusantara.com

Berita sepak bola memang tidak bisa lepas dari para fans yang militant, tidak hanya di Indonesia bahkan di negara-negar besar lainnya. Berita sepak bola, akan kami rangkum disini maka dari itu jangan beranjak ya. Ingatkah kalian bahwa Indonesia telah mencatatkan beberapa pengalaman kelam dalam dunia sepak bola?

Sejarah mencatat beberapa peristiwa penting seperti prestasi tetapi tidak bisa lepas juga dari kontroversi. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi terkait beberapa kasus paling menghebohkan di dunia sepak bola Indonesia.

  1. Mafia Wasit

Mafia wasit memang sudah menjadi rahasia umum dalam dunia sepak bola, tetapi bagaimana jika hal itu terjadi di liga kelas atas? Kalian tentu masih ingat ketika Manajer Persikab Kab. Bandung, Endang Sobarna pernah menyatakan bahwa terdapat permainan kotor pada ajang kompetisi Liga Indonesia yang melibatkan wasit.

Hal itu sontak membuat Ketua Umum PSSI, Azwar Anas bertindak cepat untuk menelusuri kasus tersebut, bahkan ia membuat tim pembentuk pencari fakta agar kasus mafia wasit dapat diberantas. Ketika itu Wakil Ketua Komisi Wasit PSSI, Jafar Umar langsug memberikan sanksi seumuru hidup tidak terlibat pada sepak bola nasional. Hal itu dilakukan karena hal itu memang terbukti.

  1. Gol Bunuh Diri Pada Piala AFF 1998

Kalian para orang-orang yang mengikuti sepak bola sejak tahun 1998 tentu sudah mengetahui ada kejadian yang tak bisa dilupakan ketika Mursyid Effendi mengalami insiden gol bunuh diri ke gawang Thailand. Sejarah lantas mencatat hal tersebut sebagai kejadian yang tidak bisa dilupakan sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Karena hal itu FIFA lantas menghukum Mursyid Effendi yakni, tidak boleh tampil pada level internasional seumur hidup.

Ia menerima hukuman tersebut pada masa emasnya yakni di umur 26 tahun, sangat disayangkan bukan?

  1. Surat Kaleng Piala AFF 2010

Pada tahu 2010 ketika Piala AFF akan digelar, warga Indonesia dilanda kepanikan terhadap Timnas Indonesia dimana kala itu Timnas berada di bawah pelatih Alfred Riedl asal Austria. Kala itu Indonesia gagal menjadi juara dan menduduki posisi Runner Up dengan skor 2-4 ketika melawan Malaysia dengan format Home and Way.

Tetapi yang lebih dikenang ketika kontroversi muncul di media sebab, diduga adanya pengaturan skor pada piala AFF 2010. Kejadian itu juga diduga karena adanya andil oknum petinggi PSSI yang menual pertandingan tersebut. Bagaimana menurut kalian?

  1. Dualisme Kompetisi

Beralih ke informasi berikutnya ketika Djohar Arifin yang merupakan kepengurusan PSSI mengambil tundakan yang ekstrem yakni, melakukan perubahan sistem kompetisi di dunia sepak bola Indonesia. Ketika itu, ia menggagas kompetisi model baru dimana Indonesia Primer League (IPL) manggantikan Indonesia Super League (ISL), dimana ketika itu IPL adalah legacy dari Nurdin Halid. Selain itu, ia juga mengosongkan pengusaha minya pada pada ajang Kompetisi PSSI, Arifin Panigoro dan mengganti operator Kompetisi dari PT Liga Indonesia ke PT Liga Prima Sportindo.

Kala itu Perseroan tersebut diurus oleh para tokoh penggagas Breakaway League, Liga Primer Indonesia yang telah ada pada musim 2010 lalu.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa kasus paling menghebohkan di dunia sepak bola Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat da menambah wawasan kalian, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *