Beberapa  Keutamaan Asmaul Husna Untuk Kita Amalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ziarah Makam Nabi, Doa Memasuki dan Meninggalkan Madinah Serta Artinya

Asmaul Husna dikenal dengan nama-nama Allah yang istimewa. Asmaul Husna memiliki kekuatan dan khasiat yang bisa dirasakan oleh umat muslim. Mengamalkan Asmaul Husna sebagai pembenteng diri dari berbagai masalah, marabahaya dan hal kejahatan lainnya. Sebagai umat muslim, kita bisa mengamalkan kalimat agung tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain akan mendapatkan keistimewaan, kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Berikut adalah manfaat atau keutamaan dari Asmaul Husna dan artinya :

  • Dapat melepaskan diri dari perbuatan maksiat

Jika seseorang telah melakukan kemaksiatan, dan dia ingin sekali bertaubat ke jalan yang benar, maka hendaklah membaca Ya Ghofar, Ya Syakur, Ya Gofir.

  • Dapat menarik simpati

Agar mendapat kemudahan dalam pergaulan dan menarik simpati orang lain untuk menyenangi kita, baik dalam kehidupan masyarakat, persahabatan atau hubungan kerja, maka perbanyaklah membaca Ya Wadud dan Ya Syakir.

  • Agar selamat dalam perjalanan

Agar kita senantiasa diberikan kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan, kita dapat mengamalkan Asmaul Husna, Ya Mubdiu ,Ya Mu’idz.

  • Untuk mencerdaskan akal pikiran

Bagi kita yang sedang menuntut ilmu, agar dibukakan akal pikiran sehingga menjadi cerdas dan mudah dalam menerima dan mengingat pelajaran, maka hendaklah memperbanyak membaca Ya Sami’u, Ya Bashir.

  • Untuk menghilangkan kebiasaan cepat lupa

Sebagai manusia pasti kita pernah lupa. Dan sebagian orang ada yang sering cepat lupa, baik itu dalam mengingat pelajaran, dalam perjalanan, atau menyimpan sesuatu barang, kita bisa mengamalkan Ya Basith Ya ‘Alamul Ghuyub.

  • Untuk meluaskan rezeki dan dimudahkan dalam usaha

Bagi kita yang ingin dipermudah usahanya dan diluaskan rezekinya, kita bisa memperbanyak membaca Ya Karimu Ya Wahhab.

  • Untuk menghimpun ilmu pengetahuan

Agar kita mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan, hendaknya memperbanyak membaca Ya Badiu Ya ‘Alamul Ghuyub.

  1. Untuk mengkokohkan iman

Agar kita diberikan kekokohan dalam iman, sehingga kita tidak mudah tergoda dan oleh godaan dan rayuan yang menyesatkan, maka hendaklah memperbanyak dan membaca Ya Wahid Ya Ahad.

  • Agar memperoleh derajat yang tinggi

Agar kita senantiasa mendapatkan derajat yang tinggi baik di dunia maupun di akhirat, hendaknya kita membaca Ya Fardu Ya Majid.

  • Agar kita dihormati dan terhormat

Agar kita dihormati oleh orang lain dan menjadi terhormat, hendaknya kita membaca dan memperbanyak dzikir Ya Aliyyu Ya Adzim.

  • Untuk mengendalikan hawa nafsu

Diciptakan sebagai manusia, kita dibekali oleh akal dan hawa nafsu oleh Allah SWT. Jika berbicara tentang nafsu, tentunya cenderung berkaitan dengan hal-hal negatif. Agar kita tetap bisa mengendalikan hawa nafsu, kita dapat membaca Asmaul Husna. Beberapa asma yang jika kita baca terus menerus akan membantu kita mengontrol hawa nafsu adalah dengan membaca Ya Mu’kit Ya Muhshi.

  • Untuk menjaga keharmonisan keluarga

Setiap rumah tangga menginginkan rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah. Terdapat satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga keharmonisan dalam berumah tangga adalah dengan banyak membaca Ya Wadud.

  • Agar memperoleh keturunan

Bagi kita yang belum memiliki keturunan, tetaplah optimis dan senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Dengan cara membaca dan mengamalkan beberapa nama yang dimiliki Allah SWT, ada satu nama yang memiliki makna Allah SWT akan memberikan keturunan bagi hambanya adalah Al-Wahidu. Hendaklah kita banyak membaca Ya Wahidu, agar kita diberikan keturunan tentunya yang Sholeh atau Sholeha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *