Manfaat Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa

Untuk melakukan atau tidak melakukan itulah pertanyaan yang mengganggu sebagian besar siswa yang mempertimbangkan untuk mengejar pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh. Selama bertahun-tahun, pendidikan jarak jauh dalam berbagai bentuk – program pembelajaran jarak jauh dari sekolah daring, program daring dan sebagainya, telah membantu mewujudkan aspirasi pendidikan siswa yang tidak dapat menghadiri kelas penuh waktu dan berbasis kampus.

Siswa sering memiliki kekhawatiran untuk memilih pendidikan tinggi melalui pembelajaran jarak jauh, karena mereka tidak memiliki kejelasan tentang pro dan kontra dari mode pendidikan ini. Ada baiknya untuk memahami keuntungan dan kerugian dari mengejar gelar melalui pendidikan jarak jauh sebelum Anda memutuskan apakah Anda ingin menggunakan mode ini.

Anda harus menyadari bahwa pendidikan jarak jauh mungkin bukan pilihan terbaik bagi setiap siswa, tetapi memahami kelebihan dan kekurangannya dapat membantu Anda memutuskan apakah pembelajaran jarak jauh tepat untuk Anda.

Keuntungan dari pembelajaran jarak jauh

1. Anda dapat mengejar pekerjaan bersamaan dengan studi: Sebagian besar siswa yang benar-benar memilih pendidikan jarak jauh adalah mereka yang tidak ingin melepaskan pekerjaan mereka tetapi juga menginginkan pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan jarak jauh datang sebagai berkah bagi siswa tersebut. Anda dapat belajar di akhir pekan, ketika Anda kembali dari pekerjaan atau bahkan di tengah malam. Anda bisa belajar sambil menghasilkan

2. Anda dapat menghemat uang: Untuk program apa pun, biaya gelar pendidikan jarak jauh (digital atau lainnya) mungkin jauh lebih terjangkau daripada biaya gelar reguler di kampus. Siswa yang mencari pilihan yang layak secara ekonomi dapat mengikuti program pembelajaran jarak jauh.

3. Anda menghemat waktu: Tidak ada waktu yang terbuang untuk pergi dan pulang kuliah, tidak ada waktu yang terbuang untuk menunggu bus atau kereta. Dalam program pembelajaran jarak jauh, ruang kelas Anda berada tepat di kamar tidur Anda – materi belajar di meja Anda atau materi elektronik di komputer Anda. Siswa yang tidak memiliki cukup waktu dapat beralih ke pendidikan jarak jauh sebagai pilihan dan mengejarnya dari kenyamanan rumah mereka.

4. Anda dapat belajar dengan kecepatan Anda sendiri: Prospek kembali ke pendidikan kelas dapat menakutkan bagi banyak dari kita. Mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan bahwa Anda tidak dapat memahami suatu konsep di kelas bisa sangat memalukan bagi banyak siswa. Pendidikan jarak jauh datang untuk menyelamatkan Anda di sini!

Jika Anda disiplin dan memiliki motivasi diri, manfaat terbaik dari pendidikan jarak jauh adalah Anda dapat belajar dengan kecepatan Anda sendiri. Ini adalah fakta yang diketahui bahwa orang yang berbeda belajar dengan cara yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda. Di ruang kelas, ketika semua orang diajar bersama, seringkali sulit untuk memiliki setiap siswa di halaman yang sama. Beberapa siswa terlalu malu untuk mengungkapkan keraguan mereka di kelas. Di sinilah pendidikan jarak jauh memiliki keunggulan dibandingkan program kampus reguler.

Karena Anda diberikan semua pekerjaan kursus sebelumnya, Anda dapat belajar sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan setiap hari, selama Anda menyelesaikan materi studi Anda dalam waktu yang ditentukan. Jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan, ada forum diskusi, fasilitas chat dengan fakultas dan dukungan lengkap dari penyelenggara pendidikan jarak jauh.

5. Anda dapat belajar kapan saja, di mana saja: Kecuali dalam skenario di mana Anda harus menghadiri tutorial daring pada waktu tertentu atau kuliah melalui konferensi video, Anda dapat belajar cukup banyak kapan pun Anda mau, di mana pun Anda mau. Anda tidak perlu terjebak di ruang kelas, tetapi bisa belajar di taman Anda, di sofa ruang tamu Anda atau dalam kenyamanan tempat tidur Anda sendiri. Terlepas dari apakah Anda seorang morning lark atau night owl, Anda dapat memilih waktu yang optimal untuk belajar kapan pun Anda berada dalam kondisi produktif terbaik Anda.

6. Memperoleh pengakuan di antara pemberi kerja: Pendidikan jarak jauh selama bertahun-tahun akhirnya menemukan penerimaan dan pengakuan di antara pemberi kerja, yang merupakan tanda yang menggembirakan. Selama program pembelajaran jarak jauh terakreditasi, Anda tidak perlu khawatir. Di India, semua program pendidikan jarak jauh yang disetujui oleh Dewan Pendidikan Jarak Jauh (DEC) secara otomatis diakui untuk tujuan pekerjaan ke pos dan layanan di bawah Pemerintah Pusat. Pengusaha swasta juga menghargai gelar pendidikan jarak jauh sekarang, dan bahkan mendorong karyawan untuk melanjutkan pendidikan tinggi bersama dengan pekerjaan mereka sehingga karyawan dapat mengembangkan keterampilan dan keahlian di bidang pekerjaan mereka.