Tempat Wisata Terdekat Sekitar Kota Yogyakarta

 

1. Kraton Jogja

Kraton (istana) Kasultanan Yogyakarta terletak dipusat kota Yogyakarta. Lebih berasal dari 200 th. yang lalu, area ini ini merupakan sebuah rawa bersama nama Umbul Pacetokan, yang lantas dibangun oleh Pangeran Mangkubumi menjadi sebuah pesanggrahan bersama nama Ayodya. Pada th. 1955 terjadilah perjanjian Giyanti yang isinya membagi dua kerajaan Mataram menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta. Setiap hari Karaton terbuka untuk kunjungan wisatawan menjadi pukul 08.30 hingga pukul 13.00, jikalau hari Jum;at Kraton cuma buka hingga bersama pukul; 11.00.

2. Puro Pakualaman

Selain Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, di Yogyakarta terkandung sebuah istana lain yang terletak di jalur Sultan Agung, istana Puro Pakualaman, area tinggal Sri Pakualam IX, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Istana ini kerap dipergunakan untuk terima tamu-tamu Negara yang singgah ke area Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sayap Timur bagian depan berasal yogyaku.com dari istana ini dipergunakan sebagai museum Puro Pakualaman bersama mempergunakan 4 buah ruangan, yang mampu dikunjungi masyarakat tiap tiap hari Senin dan Kamis, pada pukul 11.00 hingga 13.00. dalam museum ini tersimpan benda-benda bersejarah yang mempunyai nilai budaya tinggi, dan merupakan peninggalan masa sliam berasal dari keluarga Paku Alam.

3. Istana Air Tamansari

Terletak lebih kurang 400 mtr. berasal dari komplek Kraton Yogyakarta atau sekitar 10 menit jalur kaki ke pasar burubg berasal dari halaman hotel mewah di Jogja Mangangan. Tamansari berarti Taman yang indah, dimana zaman dahulu merupakan area rekreasi bagi Sultan Yogyakarta beserta kerabat istana. Kini, Tamansari mampu dikunjungi oleh masyarakat umum. Mulai berasal dari pukul 08.00 hingga hingga 16.00. Di kompleks ini terdapt area yang masih diakui sakral di lingkungan Tamansari, yakni Taman Ledoksari dimana area in merupakan area peraduan dan area khusus Sultan.

4. Makam Kota Gede

Makam Kotagede merupakan tujuan wisata ziarah yang masih perihal bersama kunjungan ke obyek-obyek wisata di lingkungan Kraton Yogyakarta. Sebenarnya makam ini bernama Makam Sapto Renggo, namun umumnya masyarakat Yogyakarta menyebut sebagai makam Kotagede, sesuai bersama nama area ini yang terletak di sudut Tenggara Kota Yogyakarta, lebih kurang 5 kilometer berasal dari pusat Kota. Waktu untuk mendatangi makam yakni pada tiap hari Jumat menjadi pukul 13.00 hingga 17.00. untuk mendatangi dan menyaksikan kompleks makam yang lain, dan menyaksikan bangunan-bangunan tradisional peninggalan Kraton Mataram (dalam periode Kerajaan Mataram Islam mampu dilakukan tiap tiap hari).

5. Makam Imogiri

Makam Imogiri memang Makam Hastarengga, dan merupakan makam yang lebih muda usianya dibandingkan bersama makam Kotagede. Di makam Imogiri ini, dimakamkan Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Mataram sepeninggal Panembahan Senopati, terlebih putra Sultan Agung Hanyokro Kusumo. Makam ini dibangun di atas bukit, dan untuk mencapainya kami kudu mendaki tangga berasal dari batu berundak sebanyak 345 buah hingga tiba di suatu persimpangan jalan. Ziarah ke Makam Imogiri mampu dilakukan tiap tiap hari Senin pada pukul 10.00 hingga 13.00 atau Jumat pada pukul 13.00 hingga 16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *