Alokasi Asuransi Mobil dari Gaji, Berapa Jumlah yang Ideal?

Perlindungan finansial atas kerugian di masa mendatang memang sangat disarankan untuk dilakukan. Namun, Anda juga harus memikirkan alokasi asuransi mobil dari pendapatan berapa besarannya yang ideal. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengatur pendapatan.

Jumlah Ideal Alokasi Asuransi Mobil

Anda akan mendapatkan manfaat dari risiko yang dicover oleh asuransi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jumlah ideal alokasi asuransi mobil sehingga bisa mengatur alokasi asuransi mobil dengan benar.

Dalam mengatur keuangan, ada rumus dasar yang umum menggunakan metode 10-20-30-40 dari penghasilan tetap. Simak rincian metodenya berikut ini:

  • Gunakan 10 persen dari gaji untuk sosial dan keagamaan, seperti zakat, infak dan sedekah.
  • 20 persen dari gaji bisa Anda gunakan untuk proteksi dan investasi.
  • Gunakan maksimal perhitungan 30 persen untuk membayar cicilan atau utang.
  • Sedangkan 40 persen bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Anda bisa memprioritaskan asuransi kesehatan dan asuransi mobil all risk. Dari alokasi 20 persen untuk asuransi dan investasi, Anda bisa membagi 10 persen untuk asuransi dan sisanya untuk investasi.

Setelah itu, bagi lagi untuk asuransi kesehatan 5 persen dan asuransi kendaraan 5 persen. Namun, sebaiknya tetap memilih besaran premi asuransi yang sesuai kebutuhan.

Besaran Premi Asuransi All Risk dan TLO

Anda juga akan terbantu ketika bisa mengira-ngira kebutuhan anggaran berdasarkan tipe yang akan Anda pilih. Jenis asuransi All Risk akan memberikan ganti rugi untuk segala jenis kerusakan baik ringan maupun berat.

Sedangkan TLO memberikan klaim untuk kehilangan atau kerusakan di atas 75 persen. Untuk tarif premi besarannya sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui SE nomor 6 tahun 2017.

Pada aturan tersebut menjelaskan bahwa premi dilihat berdasarkan harga mobil dan wilayah tempat tinggal. Namun, ada rata-rata untuk premi asuransi All Risk sebesar 2,5 persen dari harga mobil. Sedangkan untuk TLO berlaku tarif rata-rata o,5 persen per tahun nya.

Untuk TLO besaran tarif premi belum termasuk premi perluasan dari beberapa resiko, seperti banjir, gempa bumi, kerusuhan dan lainnya. Oleh karena itu coba gunakan metode alokasi asuransi mobil untuk memudahkan. Sehingga manfaat juga bisa Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *