Yuk, Kita Mengenal Model Sorban Untuk Pria

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sorban merupakan salah satu item fashion Muslim di Indonesia. Ada beargam model sorban pria yang dapat kita jumpai dipasaran, baik di toko online maupun offline.

Harga yang ditawarkannya pun cukup bervariasi, mulai dari yang termurah sampai termahal. Ya, murah atau mahalnya harga sorban tersebut tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Semakin bagus bahan yang digunakannya, maka akan semakin mahal pula harga sorbannya.

Ngomong-ngomong soal sorban, secara kebtulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar model-model sorban. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Sorban Terpopuler

  1. Jenis Sorban Arab

Masyarakat di Jazirah Arab mempunyai sorban dengan ciri khas tersendiri. Ya, mulai dari Saudi Arabia, Yaman, Oman, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan sekitarnya. Adapun yang menjadi ciri khas dari Jenis Sorban Arab, yakni mengusung motif kotak-kotak yang berwarna merah sedangkan kainnya berwarna putih.

Jenis sorban ini pun tidak ada batasan untuk kalangan tertentu. Dengan kata lain, Jenis Sorban Arab tersebut bisa dipakai oleh semua kalangan masyarakat.

  1. Jenis Sorban Palestina

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara Jenis Sorban Palestina dengan sorban khas Arab. Namun, motif kotak pada sorban Palestina ini lebih besar. Selain dari ukuran motif, perbedaan Jenis Sorban Palestina dengan sorban Arab juga terdapat pada warnanya lho.

Apabila sorban khas Arab tampil dengan perpaduan warna merah putih, maka Jenis Sorban Palestina ini mengusung perpaduan warna hitam putih. Tak hanya berfungsi sebagai penutup kepala atau syal, ternyata motif dan warna dari sorban tersebut menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina.

  1. Jenis Sorban Kashmiri

Daerah Kashmir terletak diantara negara Pakistan dan India, yang mana sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Islam. Namun, Kashmir masih termasuk kedalam bagian wilayah India.

Kendati bukan termasuk dari Jazirah Arab, masyarakat Kashmir memiliki sorban khas yang berbeda dengan sorban Timur Tengah pada umumnya. Bagaimana tidak? sebab Jenis Sorban Kashmiri ini tampil dengan mengusung motif artistik.

Bukan hanya itu, material yang digunakannya pun terbuat dari bahan berkualitas premium lho. Dengan demikian, maka tak heran jika Jenis Sorban Kashmiri dapat menonjolkan kesan mewah dan elegan.

  1. Jenis Sorban Persia

Secara fisik mungkin orang-orang Persia tampak seperti orang Arab. Itu sebabnya, mengapa banyak yang beranggapan bahwa Persia masih bagian dari Arab.

Padahal, ras Persia dengan Arab itu berbeda. Bahkan, bahasa Persia dan bahasa Arab juga sangat berbeda jauh. Ya, bangsa Arab dan Persia ini bisa dibilang “Serupa tapi tak sama“. Adapun ras Persia yang dimaksud seperti orang Iran, Afghanistan, Armenia dan Azerbaijan.

Terlepas dari hal tersebut, masyarakat Persia memiliki sorban dengan karakter tersendiri. Sebelum memakai sorban di kepala, maka mereka akan menggunakan peci terlebih dulu kemudian baru dililit dengan sorban. Umumnya sorban khas Persia mengusung motif polos dengan berbagai varian warna.

  1. Jenis Sorban Tenun Lokal

Jenis sorban berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Sorban Tenun Lokal. Saat ini ada banyak sekali jenis Sorban Tenun Lokal yang dapat kita jumpai dipasaran dari berbagai brand. Bahkan yang lebih menariknya lagi, terdapat pula sorban yang mengusung motif tradisional seperti batik lho.

Nah, itulah beberapa jenis sorban terpopuler yang direkomendasikan untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *