6 Manfaat Sari Kurma Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga Selama Berpuasa

8 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Si Manis Segudang Manfaat | Indozone .id

Selama menjalani puasa selama bulan Ramadan, Anda perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Anda bisa konsumsi buah kurma yang sudah dikenal kaya akan nutrisinya.

Selain itu, Anda juga bisa konsumsi buah kurma yang hadir dalam bentuk cair atau disebut dengan sari kurma yang memiliki banyak kandungan bermanfaat, seperti magnesium, vitamin A, vitamin K, dan lainnya. Ulasan ini akan membahas manfaat sari kurma agar bisa menjaga kesehatan.

  1. Membantu dalam Melancarkan Pencernaan

Sari kurma bisa membantu Anda dalam menjaga fungsi pencernaan yang telah dibuktikan dari penelitian pada hewan. Penelitian tersebut membuahkan hasil bahwa sari kurma bisa melancarkan pergerakan tinja yang berada dalam usus, jadi melancarkan buang air besar.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan mineral dan gula yang dalam sari kurma. Kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh Anda yaitu antioksidan yang bisa melindungi usus dari berbagai penyakit akibat adanya radikal bebas.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang Anda

Terdapat berbagai kandungan dalam sari kurma seperti selenium, tembaga, mangan, hingga magnesium yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang, sehingga bisa membantu untuk mencegah penyakit tulang keropos seperti osteoporosis.

Maka dari itu, sari kurma sangat cocok dikonsumsi secara rutin oleh anak-anak dan orang tua lanjut usia agar mendapatkan manfaat yang satu ini.

  1. Mengobati Masalah Diare Kronis

Jika Anda mengalami diare kronis, Anda bisa atasi dengan konsumsi sari kurma secara rutin. Manfaat sari kurma dalam mengobati diare karena adanya kandungan kalium yang bisa meringankan diare secara efektif.

Seiring berjalannya waktu saat Anda konsumsi sari kurma secara rutin, maka buang air besar pun akan kembali menjadi normal. Serta kesehatan sistem eksresi yang ada dalam tubuh akan terjaga berkat manfaat sari kurma.

  1. Mencegah Terjadinya Sakit Jantung, Stroke, dan Kanker

Bagi Anda yang ingin fokus dalam mencegah penyakit seperti jantung, stroke, dan kanker, Anda bisa konsumsi sari kurma secara rutin. Sebab, terdapat kandungan kalium yang tinggi sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Begitu juga kandungan vitamin A yang bisa membantu Anda dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker mulut dan paru-paru. Anda bisa mulai konsumsi sari kurma sebanyak 2 sendok ke dalam hidangan makanan.

  1. Meningkatkan Berat Badan Tubuh

Untuk Anda yang merasa kesulitan menambah berat badan karena tubuh Anda terlalu kurus, Anda bisa coba mulai konsumsi sari kurma secara rutin atau setiap hari. Beberapa kandungan seperti gula, protein, dan vitamin esensial bisa membantu untuk meningkatkan berat badan.

  1. Menaikkan Trombosit dan Hemoglobin

Anda bisa mendapatkan manfaat dari sari kurma yang bisa menaikkan trombosit karena adanya kandungan glukosa, vitamin C, dan antioksidan. Jadi, sari kurma bisa Anda konsumsi secara rutin, terutama bagi Anda yang menderita demam berdarah dengue (DBD).

Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa sari kurma yang memiliki kandungan mineral bisa membantu untuk membentuk hemoglobin dan produksi sel darah merah. Bagi anak-anak yang menderita anemia defisiensi zat besi, bisa mulai konsumsi sari kurma secara rutin.

Itulah ulasan terkait manfaat sari kurma yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, sehingga Anda bisa menjaga kesehatan selama menjalani puasa di bulan Ramadan. Apakah Anda tertarik mengonsumsi sari kurma untuk kesehatan tubuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *