Kenali Lebih Dekat Kopi Macchiato dan Variannya

Kenali Lebih Dekat Kopi Macchiato dan Variannya

Nama kopi Macchiato sudah tidak asing terdengar bagi Anda para pecinta kopi. Macchiato sendiri merupakan sebuah minuman espresso yang ditambah dengan susu. Bagi penikmat kopi yang menyukai manis, pasti langsung jatuh cinta. Penasaran dengan Macchiato? Simak pembahasan berikut.

Apa Macchiato Itu?

Macchiato termasuk sebagai minuman kopi dengan rasa manis yang berasal dari karamel dan gula yang ditambah dengan susu. Nama lain Macchiato yaitu Kopi Bernoda karena adanya noda yang berasal dari tambahan susu.

Meskipun demikian, Macchiato bukan termasuk minuman kopi terasa manis seperti halnya Cappucino. Anda bisa menganggap rasanya lebih kuat dari Cappucino, namun memiliki rasa lebih manis dibanding Espresso. Macchiato mempunyai perbandingan susu tertinggi dibanding semua jenis minuman espresso. Sehingga, bagi Anda yang bukan penyuka manis, cocok dengan kenikmatan yang disajikan pada secangkir Macchiato.

Proses Pembuatan Macchiato

Perbandingan ideal antara susu, espresso serta foam yaitu 2:1:1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat minuman ini yaitu dengan memasukkan susu yang telah di steam pada sebuah gelas tinggi. Kemudian, masukkan espresso. Lalu, akhiri dengan foam yang diletakkan diatas permukaan. Sejumlah café mempunyai variasi menu yang berbeda dengan tambahan karamel pada bagian foam.

Espresso Macchiato

Nama lain Espresso Macchiato adalah Caffe Macchiato. Varian ini merupakan versi asli dari Italia, sehingga dikenal dengan sebutan Caffe Macchiato. Istilah Macchiato sendiri memiliki arti ‘ditandai’, sehingga Espresso Macchiato dihadirkan dengan adanya tambahan berupa susu. Sajian ini berupa suntikan espresso yang disajikan dengan satu hingga dua sendok teh susu sebagai tambahan serta lapisan busa yang ada diatasnya. Selain di cangkir, ada pula yang disajikan pada gelas.

Latte Macchiato

Kebalikan dari Macchiato, maka Latte Macchiato hadir dengan adanya segelas susu dengan hadirnya percikan Espresso. Perbandingan susu memang lebih banyak dibanding dengan jumlah suntikan espresso. Hadir dengan adanya lapisan berupa topping kopi espresso, kemudian sejumlah busa di atas permukaannya. Seperti halnya namanya, maka minuman ini terlihat dengan adanya noda yaitu suntikan espresso.

Macchiato Pendek

Seperti halnya namanya, aka Macchiato pendek disajikan dalam sebuah cangkir espresso atau gelas mini supaya lebih artistik. Tidak lupa dengan adanya suntikan espresso serta tambahan susu dan busa berlapis.

Macchiato Panjang

Beda halnya dengan Macchiato pendek, Macchiato panjang disajikan dengan gelas tinggi. Kemudian, ditambah dengan adanya noda susu serta busa yang mengambang. Selain itu, ukuran sajian dilipatgandakan dengan suntikan dobel espresso.

Demikian apa itu kopi macchiato dan varian yang bisa Anda nikmati. Anda juga bisa mencoba untuk membuat sendiri di rumah setelah mengetahui perbandingan antara susu, espresso, dan foam. Meskipun hasilnya mungkin tidak sama dengan buatan café, namun Anda bisa melakukan percobaan kecil hanya untuk mengetahui dan mengetes kemampuan meracik kopi sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *