Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan 5 Aktivitas Seru Berikut Ini!

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan 5 Aktivitas Seru Berikut Ini!

Orangtua tentu menginginkan yang terbaik bagi putra-putrinya, sehingga setiap aspek kehidupannya sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya dalam hal optimalkan tumbuh kembang anak. Selain pemberian nutrisi, hal lain yang dapat dilakukan orangtua guna mengoptimalkan perkembangan buah hati adalah dengan melakukan beberapa aktivitas seru ini.

Pasalnya melakukan beragam aktivitas bersama buah hati tak hanya menyenangkan, namun juga dapat mempererat hubungan emosional anak dan orangtua guna membantu dalam tahapan tumbuh kembangnya. Lantas aktivitas apa saja yang bisa dilakukan? Simak dalam ulasan di bawah ini!

  1. Bermain Air dan Pasir

Ajak buah hati untuk bermain dengan air dan pasir, beserta peralatan dan mainan sederhana untuk bermain pasir. Aktivitas ini akan membuat si Kecil senang dan terkesima, sekaligus membuatnya belajar tentang tekstur, volume, kepadatan, serta cairan.

  1. Petak Umpet

Setiap anak pasti menyukai permainan lama satu ini. Petak umpet adalah salah satu aktivitas seru yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal ruang, melakukan pemetaan, serta pengembangan navigasi. Pasalnya dengan bermain menemukan dan bersembunyi, si Kecil akan belajar untuk memahami lokasi dan kemampuannya dalam memprediksi.

  1. Membaca Buku

Membaca buku menjadi salah satu aktivitas menyenangkan dan bermanfaat untuk optimalkan tumbuh kembang yang dapat dilakukan bersama si Kecil.

Pilih buku yang disukai anak, lalu bacakan tiap kata dengan jelas agar anak bisa mendengar kosakata baru yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Setelah mempelajari kata-kata baru, ajarkan ia untuk berkomunikasi dengan susunan kalimat yang baik.

  1. Memasak Bersama

Salah satu cara mengatasi masalah si Kecil yang susah makan sehat seperti buah dan sayur adalah dengan mengajaknya memasak bersama. Libatkan anak dalam proses memasak, Anda dapat memintanya melakukan aktivitas ringan seperti mencuci buah, mencuci sayur, atau mencicipi makanan.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memahami suatu hal, memasak bersama juga dapat digunakan sebagai ajang pendekatan diri orangtua dan buah hati serta memancingnya untuk bereksplorasi terhadap beragam jenis bahan makanan.

  1. Olahraga di Tempat Terbuka

Tak hanya orangtua, si Kecil pun perlu berolahraga. Namun tak perlu repot pergi ke pusat olahraga tertentu, karena Anda dapat mengajaknya berolahraga bersama di lingkungan terbuka sekitar rumah.

Karena dengan berolahraga dapat membuat buah hati menjadi lebih sehat, bugar, percaya diri, serta meningkatkan kecerdasan. Lakukan gerakan-gerakan yang ringan seperti berjalan santai, berlari, atau melatihnya melakukan gerakan seperti squat atau push up.

Selalu Dampingi si Kecil

Selalu dampingi buah hati ketika bermain, terlebih ketika sedang menonton televisi. Sebisa mungkin bicarakan apa saja terkait acara yang ditonton, dan batasi waktu menonton televisi 1-2 jam sehari. Pasalnya televisi membuat anak menjadi lebih pasif, sehingga pilih media permainan lain.

Demikianlah cara optimalkan tumbuh kembang anak dengan beragam aktivitas seru. Tak lupa untuk selalu penuhi nutrisi si Kecil dengan memberikannya DANCOW setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *