Jenis Cover Buku Yang Umum Digunakan

Pada sebuah buku, tentunya akan ada cover. Cover merupakan identitas yang terdiri dari judul buku, nama penulis, tahun terbit, dan masih banyak lainnya. Dari lapisan tersebutlah konsumen akan menaruh minat. Tentu Anda perlu mengetahui beberapa jenisnya jika ingin cetak buku murah.

Jenis-Jenis Cover Buku

Cover atau sampul pada sebuah buku bisa bermacam-macam bentuknya. Biasanya akan disesuaikan dengan keinginan penulis dengan inti dari isi buku tersebut. Tujuannya adalah agar nanti terjadi keharmonisan pada setiap komponennya. Berikut ini 3 jenis cover buku yang ada di tempat cetak buku murah!

  1. PaperBack

Jenis yang pertama adalah paperback atau sering disebut dengan softcover. Merupakan sampul buku dengan bahan kertas. Memiliki ukuran yang cukup tebal dan bertekstur lentur. Ketebalannya bisa mencapai 310 gsm dari 210 gsm.

Pemilihan ketebalan buku harap disesuaikan dengan keinginan serta jenis bukunya. Apakah buku tersebut membutuhkan sampul yang tebal atau tipis. Jenis kertas yang digunakan pada cover ini umumnya memakai Art carton dan Ivory, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

  1. Hardcover

Jenis kedua adalah hardcover. Memiliki ukuran yang sangat tebal dengan tekstur kaku. Umumnya jenis ini digunakan untuk melapisi buku yang memiliki ketebalan cukup besar, sehingga bisa memberikan perlindungan secara menyeluruh kepada buku.

Hardcover merupakan jenis cover yang terdiri dari Carton Board atau papan berbahan kertas. Memiliki lapisan kertas tipis seperti Art paper 120 hingga 150 gsm. Selain itu, jenis ini juga dilengkapi dengan pita pembatas untuk memudahkan pembaca dalam menandai halamannya.

  1. Bagian-Bagian pada Cover Buku

Setelah mengetahui dua jenis cover pada buku, Anda juga perlu mengetahui bagian-bagian pada sebuah sampul buku. Ada sampul depan, sampul belakang, dan juga punggung buku. Sampul depan berisikan judul serta nama penerbitnya.

Pada sampul belakang berisi ringkasan penjelasan dari petunjuk isi buku atau sering dikenal dengan sinopsis beserta nama penerbit dan barcode ISBN. Sedangkan di bagian punggung buku terdapat judul, nama penulis, serta penerbitnya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai jasa cetak buku murah yang berkaitan dengan jenis-jenis cover. Anda bisa melakukan penyesuaian pada sampul buku dan pastikan setiap komponennya tertata secara baik dan proporsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *